Soal Kumpulan TPT 3
1. Jika kita ingin mengalokasikan memori pada ruang yang masih kosong dapat menggunakan keyword…. NEW
2. Bentuk umum dari penggunaan keyword NEW adalah tipe_data = new nama_pointer;
11. Menunjuk argument kedua, dan seterusnya merupakan arti dari argumen … argv[2]
21. nama robot.cpp
#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
struct Robot_Struct {
int id;
int no_wheels;
string robot_name;
};
class Robot_Class {
public:
int id;
int no_wheels;
string robot_name;
void move_robot();
void stop_robot();
};
void Robot_Class::move_robot() {
cout << "Moving Robot" << endl;
};
void Robot_Class::stop_robot() {
cout << "Stopping Robot" << endl;
};
int main() {
Robot_Struct robot_1;
Robot_Class robot_2;
robot_1.id = 2;
robot_1.robot_name = "Mobil Robot";
robot_2.id = 3;
robot_2.robot_name = "Humanoid Robot";
cout << "ID=" << robot_1.id << " " << "Robot Name:" << robot_1.robot_name
<< endl;
cout << "ID=" << robot_2.id << " " << "Robot Name:" << robot_2.robot_name
<< endl;
robot_2.move_robot();
robot_2.stop_robot();
return 0;
}
;
22. #include <iostream>
using namespace std;
class Kendaraan
{
private:
string nama;
public:
Kendaraan(string nama)
{
Kendaraan::nama = nama;
cout << "Hidupkan mesin kendaraan..." << endl;
}
~Kendaraan()
{
cout << "Matikan mesin kendaraan..." << endl;
}
void info()
{
cout << nama << " sedang berjalan..." << endl;
}
};
class Truk : public Kendaraan
{
public:
Truk(string nama) : Kendaraan(nama)
{
cout << "Hidupkan mesin truk " << nama << endl;
}
~Truk()
{
cout << "Matikakan mesin truk..." << endl;
}
};
int main()
{
Truk fuso("FUSO");
fuso.info();
cout << "Akhir main()..." << endl;
return 0;
}
23. #include <iostream>
using namespace std;
class PersegiPanjang{
int panjang,lebar;
public:
int luas(){
return (panjang*lebar);
}
void set_values(int x,int y){
panjang = x;
lebar = y;
}
};
class Segitiga{
int alas,tinggi;
public:
float luas(){
return (alas*tinggi*0.5);
}
void set_values(int a, int t){
alas = a;
tinggi = t;
}
};
int main(){
PersegiPanjang Kotak1;
PersegiPanjang Kotak2;
Segitiga Segitiga1;
Segitiga Segitiga2;
Kotak1.set_values(10,10);
Kotak2.set_values(5,5);
Segitiga1.set_values(7,6);
Segitiga2.set_values(3,7);
cout << "Luas Kotak 1 adalah " << Kotak1.luas() << endl;
cout << "Luas Kotak 2 adalah " << Kotak2.luas() << endl;
cout << "Luas Segitiga 1 adalah " << Segitiga1.luas() << endl;
cout << "Luas Segitiga 2 adalah " << Segitiga2.luas() << endl;
}
24. #include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
class hitung{
private :
int a, b, c;
public :
void assign(int d, int e, int f){
a=d;
b=e;
c=f;
}
int tambah(){
return a+b+c;
}
};
int main(){
hitung obj;
obj.assign(2,8,5);
cout << obj.tambah() << endl;
return 0;
}
25. #include <iostream>
using namespace std;
class kasir{
private:
double saldo;
public:
kasir(){
saldo=500;
}
void nerima(double uang){
saldo=saldo+uang;
}
void ngurangin(double uang){
saldo=saldo-uang;
}
void cetakSaldo(){
cout<< "Saldo kasir = " << saldo<<endl;
}
};
int main(){
kasir x;
x.cetakSaldo();
x.nerima(200);
x.cetakSaldo();
x.ngurangin(100);
x.cetakSaldo();
}
26. #include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
class Modelponsel
{
private:
string model;
string series;
int Tipe;
public:
Modelponsel(string model, string series, int Tipe)
{
Modelponsel::model = model;
Modelponsel::series =series;
Modelponsel::Tipe = Tipe;
}
void perolehInfo(void)
{
cout << "Model : " << model << endl;
cout << "Series : " << series << endl;
cout << "Tipe : " << Tipe << endl;
cout << endl;
}
};
int main ()
{
Modelponsel Pabrikan_X("MGT-25","MG",25);
Modelponsel Pabrikan_Y("SRP-23","SR",23);
Pabrikan_X.perolehInfo();
Pabrikan_Y.perolehInfo();
return 0;
}
27. #include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
class buku{
private :
string judul;
string pengarang;
int jumlah;
public :
void inisialisasi(string arg_judul,
string arg_pengarang,
int arg_jumlah){
judul = arg_judul;
pengarang = arg_pengarang;
jumlah = arg_jumlah
; }
void info()
{
cout << "Judul : " << judul << endl;
cout << "Pengarang: " << pengarang << endl;
cout << "Jumlah : " << jumlah << endl;
}
};
int main(){
buku novel,fiksi;
novel.inisialisasi("Meriam Benteng Navarone",
"Alistair MacLean",
12);
fiksi.inisialisasi("Jurassic Park",
"Michael Crichton",
3);
novel.info();
fiksi.info();
return 0;
}
28. segitiga.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
class Segitiga
{
int alas,tinggi;
public:
float luas()
{
return(alas*tinggi*0.5);
}
void set_values(int a, int t)
{
alas = a;
tinggi = t;
}
};
int main()
{
Segitiga Segitiga1;
Segitiga Segitiga2;
Segitiga1.set_values(7,6);
Segitiga2.set_values(3,7);
cout << "Luas Segitiga 1 adalah " << Segitiga1.luas() << endl;
cout << "Luas Segitiga 2 adalah " << Segitiga2.luas() << endl;
}
29. persegipanjang.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
class PersegiPanjang
{
int panjang, lebar;
public:
void ukuran (int,int);
int rumus() {return panjang*lebar;}
};
void PersegiPanjang::ukuran (int x, int y)
{
panjang = x;
lebar = y;
}
int main ()
{
PersegiPanjang luas;
luas.ukuran (8,6);
cout << "luas persegi panjang: " << luas.rumus();
return 0;
}
using namespace std;
class lingkaran{
public:
int r;
float phi;
float luas()
{
return(phi*r*r);
}
};
int main(int argc, char *argv[]){
lingkaran bundar;
float a;
int b;
cout<<"masulkkan phi : "; cin>>a;
cout<<"masulkkan jari-jari : ";cin>>b;
bundar.phi=a;
bundar.r=b;
cout<<"luas = "<<bundar.luas();
return 0;
}
31. segitiga cpp.
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int tinggi,
baris,
kolom;
cout << "Tinggi segitiga = ";
cin >> tinggi;
cout << endl; // Membuat baris kosong
for (baris = 1; baris <= tinggi; baris++)
{
for (kolom = 1; kolom <= baris; kolom++)
cout << '*';
cout << endl; // Pindah baris
}
return 0;
}
32. Model ponsel.cpp
#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
class Modelponsel
{
private:
string model;
string series;
int Tipe;
public:
// Pembentuk atau outputan yang diberikan<br>
Modelponsel(string model, string series, int Tipe)
{
Modelponsel::model = model;
Modelponsel::series = series;
Modelponsel::Tipe = Tipe;
}
// untuk menampilakan
void perolehInfo(void)
{
cout << "Model : " << model << endl;
cout << "Series : " << series << endl;
cout << "Tipe : " << Tipe << endl;
cout << endl;
}
};
int main()
{
Modelponsel Pabrikan_X("MGT-25",
"MG", 25);
Modelponsel Pabrikan_Y("SRP-23",
"SR", 23);
Pabrikan_X.perolehInfo();
Pabrikan_Y.perolehInfo();
return 0;
}
33. Glob.cpp
// ----------------------------------------------------
// Contoh variabel global
// ----------------------------------------------------
#include <iostream>
using namespace std;
int oblada = 550; // Variabel eksternal
void tambah(); // Prototipe fungsi
int main()
{
cout << oblada << endl;
tambah();
cout << oblada << endl;
tambah();
cout << oblada << endl;
return 0;
}
void tambah()
{
oblada++; // Variabel eksternal dinaikkan
}
34. Statis.cpp
// ----------------------------------------------------
// Contoh untuk menunjukkan efek variabel statis
// ----------------------------------------------------
#include <iostream>
using namespace std;
void saya_ingat(); // Prototipe fungsi
int main()
{
int mamamia = 55;
cout << "di main(): mamamia = " << mamamia << endl;
saya_ingat();
saya_ingat();
saya_ingat();
saya_ingat();
cout << "di main(): mamamia = " << mamamia << endl;
return 0;
}
void saya_ingat()
{
static int mamamia = 0; // Variabel statis
mamamia++; // Naikkan sebesar satu
cout << "di bravo(): mamamia = " << mamamia << endl;
}
35. Suhu.cpp
// -----------------------------------------------------
// Contoh program yang menggunakan array
// -----------------------------------------------------
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
const int JUM_ELEMEN = 5;
float suhu[JUM_ELEMEN]; // Array dengan JUM_ELEMEN d
// data bertipe float
// Membaca data dari keyboard
cout << "Masukkan " << JUM_ELEMEN << " data suhu" << endl;
for (int i = 0; i < JUM_ELEMEN; i++)
{
cout << i + 1 << " : ";
cin >> suhu[i];
}
// Menampilkan isi array
cout << "Data suhu yang Anda masukkan" << endl;
for (int i = 0; i < JUM_ELEMEN; i++)
cout << suhu[i] << endl;
return 0;
}
36. bhspemrograman.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
int pilihan;
int main(){
cout << "Daftar bahasa pemrograman:\n";
cout << "1. Java \n2. C++ \n3. PHP\n";
ulangi:
cout << "Masukan pilihan anda (1-3): ";
cin >> pilihan;
switch(pilihan){
case 1:
cout << "Anda memilih Pemrograman Java";
break;
case 2:
cout << "Anda memilih Pemrograman C++";
break;
case 3:
cout << "Anda memilih Pemrograman PHP";
break;
default:
goto ulangi;
}
}
37. lingkaran.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
const float PHI = 3.141592;
float jari_jari,
luas,
keliling;
jari_jari = 10;
luas = PHI * jari_jari * jari_jari;
keliling = 2 * PHI * jari_jari;
cout << "Luas = " << luas << endl;
cout << "Keliling = " << keliling << endl;
return 0;
}
38.
39.
40.
2. Bentuk umum dari penggunaan keyword NEW adalah tipe_data = new nama_pointer;
Select one:
3. Variabel yang dideklarasikan di dalam function dinamakan variabel … lokal
4. Jika kita ingin mengalokasikan n buah ruang, maka penggunaan keyword NEW yang benar adalah nama_pointer \= new tipe_data[n];
Select one:
5. Cocokkan soal berikut dengan pilihan jawaban yang tersedia
Untuk mengubah isi memori berukuran 2 byte digunakan fungsi ...
| POKE |
Fungsi yang berguna untuk mengalokasikan memori ... MALLOC
| |
Untuk mendealokasikan memori digunakan keyword ...DELETE
|
6. Untuk memperoleh isi memori berukuran 1 byte, digunakan fungsi … peekb
7. Pointer tanpa tipe disebut juga void pointer
8. Pointer yang dapat menyimpan alamat dari variable yang bertipe apapun adalah….
Select one:
void pointer
9. Apa hasil dari operasi statement berikut : B = 3; A = B++;
Select one:
A akan membaca nilai awal B yang bernilai 3, tetapi nilai B di akhir program akan berubah menjadi 4.
10. Jika kita akan mengalokasikan 20 buah ruang memori dengan tipe data long yang berukuran 4 byte. Maka memori yang dibutuhkan adalah 80 Byte
11. Menunjuk argument kedua, dan seterusnya merupakan arti dari argumen … argv[2]
12. peekb() Berguna untuk memperoleh isi memori berukuran 1 byte
pokeb() Berguna untuk mengubah isi memori berukuran 1 byte
peek() Berguna untuk memperoleh isi memori berukuran 2 byte
poke() Berguna untuk mengubah isi memori berukuran 2byte
13. Statement untuk memerintahkan P untuk menunjuk alamat dari variable X adalah… *P
14. Bahasa C menyediakan 2 buah operator untuk operasi pointer yaitu...
Select one:
15. Operator yang digunakan untuk pemanggilan method adalah bitwise operator
Select one:
16. Copy destructor merupakan salah satu contoh fungsi khusus dari sebuah class.
Select one:
False
17. Setiap object memiliki dua karakteristik yang utama, yaitu atribut dan behavior.
Contoh objek : Sepeda
- Sepeda memiliki atribut ( state ) : pedal, roda, jeruji, dan warna.
- Sepeda memiliki tingkah laku ( behaviour ) : kecepatannya menaik, kecepatannya menurun, mengerem, dan perpindahan gigi sepeda.
18. Penentu akses terbagi menjadi tiga kategori yaitu:
- Private, dimana member-member dibawah label ini tidak dapat diakses dari luar kelas tersebut, namun masih dapat diakses oleh member apapun didalam kelas yang bersangkutan dan friend class.
- Protected, dimana member-member dibawah label ini dapat diakses oleh anggota class yang sama atau class friend dan juga dari anggota turunannya.
- Public, merupakan hak akses maksimum, dimana fungsi dan kelas apapun selama masih dalam satu program dapat mengakses member yang bernaung di bawah label public.
19. [Properti] adalah data-data milik objek
20. Jika kucing adalah sebuah objek, maka mamalia adalah sebuah ... Class
#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
struct Robot_Struct {
int id;
int no_wheels;
string robot_name;
};
class Robot_Class {
public:
int id;
int no_wheels;
string robot_name;
void move_robot();
void stop_robot();
};
void Robot_Class::move_robot() {
cout << "Moving Robot" << endl;
};
void Robot_Class::stop_robot() {
cout << "Stopping Robot" << endl;
};
int main() {
Robot_Struct robot_1;
Robot_Class robot_2;
robot_1.id = 2;
robot_1.robot_name = "Mobil Robot";
robot_2.id = 3;
robot_2.robot_name = "Humanoid Robot";
cout << "ID=" << robot_1.id << " " << "Robot Name:" << robot_1.robot_name
<< endl;
cout << "ID=" << robot_2.id << " " << "Robot Name:" << robot_2.robot_name
<< endl;
robot_2.move_robot();
robot_2.stop_robot();
return 0;
}
;
using namespace std;
class Kendaraan
{
private:
string nama;
public:
Kendaraan(string nama)
{
Kendaraan::nama = nama;
cout << "Hidupkan mesin kendaraan..." << endl;
}
~Kendaraan()
{
cout << "Matikan mesin kendaraan..." << endl;
}
void info()
{
cout << nama << " sedang berjalan..." << endl;
}
};
class Truk : public Kendaraan
{
public:
Truk(string nama) : Kendaraan(nama)
{
cout << "Hidupkan mesin truk " << nama << endl;
}
~Truk()
{
cout << "Matikakan mesin truk..." << endl;
}
};
int main()
{
Truk fuso("FUSO");
fuso.info();
cout << "Akhir main()..." << endl;
return 0;
}
23. #include <iostream>
using namespace std;
class PersegiPanjang{
int panjang,lebar;
public:
int luas(){
return (panjang*lebar);
}
void set_values(int x,int y){
panjang = x;
lebar = y;
}
};
class Segitiga{
int alas,tinggi;
public:
float luas(){
return (alas*tinggi*0.5);
}
void set_values(int a, int t){
alas = a;
tinggi = t;
}
};
int main(){
PersegiPanjang Kotak1;
PersegiPanjang Kotak2;
Segitiga Segitiga1;
Segitiga Segitiga2;
Kotak1.set_values(10,10);
Kotak2.set_values(5,5);
Segitiga1.set_values(7,6);
Segitiga2.set_values(3,7);
cout << "Luas Kotak 1 adalah " << Kotak1.luas() << endl;
cout << "Luas Kotak 2 adalah " << Kotak2.luas() << endl;
cout << "Luas Segitiga 1 adalah " << Segitiga1.luas() << endl;
cout << "Luas Segitiga 2 adalah " << Segitiga2.luas() << endl;
}
24. #include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
class hitung{
private :
int a, b, c;
public :
void assign(int d, int e, int f){
a=d;
b=e;
c=f;
}
int tambah(){
return a+b+c;
}
};
int main(){
hitung obj;
obj.assign(2,8,5);
cout << obj.tambah() << endl;
return 0;
}
25. #include <iostream>
using namespace std;
class kasir{
private:
double saldo;
public:
kasir(){
saldo=500;
}
void nerima(double uang){
saldo=saldo+uang;
}
void ngurangin(double uang){
saldo=saldo-uang;
}
void cetakSaldo(){
cout<< "Saldo kasir = " << saldo<<endl;
}
};
int main(){
kasir x;
x.cetakSaldo();
x.nerima(200);
x.cetakSaldo();
x.ngurangin(100);
x.cetakSaldo();
}
#include <string>
using namespace std;
class Modelponsel
{
private:
string model;
string series;
int Tipe;
public:
Modelponsel(string model, string series, int Tipe)
{
Modelponsel::model = model;
Modelponsel::series =series;
Modelponsel::Tipe = Tipe;
}
void perolehInfo(void)
{
cout << "Model : " << model << endl;
cout << "Series : " << series << endl;
cout << "Tipe : " << Tipe << endl;
cout << endl;
}
};
int main ()
{
Modelponsel Pabrikan_X("MGT-25","MG",25);
Modelponsel Pabrikan_Y("SRP-23","SR",23);
Pabrikan_X.perolehInfo();
Pabrikan_Y.perolehInfo();
return 0;
}
#include <string>
using namespace std;
class buku{
private :
string judul;
string pengarang;
int jumlah;
public :
void inisialisasi(string arg_judul,
string arg_pengarang,
int arg_jumlah){
judul = arg_judul;
pengarang = arg_pengarang;
jumlah = arg_jumlah
; }
void info()
{
cout << "Judul : " << judul << endl;
cout << "Pengarang: " << pengarang << endl;
cout << "Jumlah : " << jumlah << endl;
}
};
int main(){
buku novel,fiksi;
novel.inisialisasi("Meriam Benteng Navarone",
"Alistair MacLean",
12);
fiksi.inisialisasi("Jurassic Park",
"Michael Crichton",
3);
novel.info();
fiksi.info();
return 0;
}
#include <iostream>
using namespace std;
class Segitiga
{
int alas,tinggi;
public:
float luas()
{
return(alas*tinggi*0.5);
}
void set_values(int a, int t)
{
alas = a;
tinggi = t;
}
};
int main()
{
Segitiga Segitiga1;
Segitiga Segitiga2;
Segitiga1.set_values(7,6);
Segitiga2.set_values(3,7);
cout << "Luas Segitiga 1 adalah " << Segitiga1.luas() << endl;
cout << "Luas Segitiga 2 adalah " << Segitiga2.luas() << endl;
}
29. persegipanjang.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
class PersegiPanjang
{
int panjang, lebar;
public:
void ukuran (int,int);
int rumus() {return panjang*lebar;}
};
void PersegiPanjang::ukuran (int x, int y)
{
panjang = x;
lebar = y;
}
int main ()
{
PersegiPanjang luas;
luas.ukuran (8,6);
cout << "luas persegi panjang: " << luas.rumus();
return 0;
}
30. lingkaran .cpp
#include <iostream>using namespace std;
class lingkaran{
public:
int r;
float phi;
float luas()
{
return(phi*r*r);
}
};
int main(int argc, char *argv[]){
lingkaran bundar;
float a;
int b;
cout<<"masulkkan phi : "; cin>>a;
cout<<"masulkkan jari-jari : ";cin>>b;
bundar.phi=a;
bundar.r=b;
cout<<"luas = "<<bundar.luas();
return 0;
}
31. segitiga cpp.
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int tinggi,
baris,
kolom;
cout << "Tinggi segitiga = ";
cin >> tinggi;
cout << endl; // Membuat baris kosong
for (baris = 1; baris <= tinggi; baris++)
{
for (kolom = 1; kolom <= baris; kolom++)
cout << '*';
cout << endl; // Pindah baris
}
return 0;
}
32. Model ponsel.cpp
#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
class Modelponsel
{
private:
string model;
string series;
int Tipe;
public:
// Pembentuk atau outputan yang diberikan<br>
Modelponsel(string model, string series, int Tipe)
{
Modelponsel::model = model;
Modelponsel::series = series;
Modelponsel::Tipe = Tipe;
}
// untuk menampilakan
void perolehInfo(void)
{
cout << "Model : " << model << endl;
cout << "Series : " << series << endl;
cout << "Tipe : " << Tipe << endl;
cout << endl;
}
};
int main()
{
Modelponsel Pabrikan_X("MGT-25",
"MG", 25);
Modelponsel Pabrikan_Y("SRP-23",
"SR", 23);
Pabrikan_X.perolehInfo();
Pabrikan_Y.perolehInfo();
return 0;
}
33. Glob.cpp
// ----------------------------------------------------
// Contoh variabel global
// ----------------------------------------------------
#include <iostream>
using namespace std;
int oblada = 550; // Variabel eksternal
void tambah(); // Prototipe fungsi
int main()
{
cout << oblada << endl;
tambah();
cout << oblada << endl;
tambah();
cout << oblada << endl;
return 0;
}
void tambah()
{
oblada++; // Variabel eksternal dinaikkan
}
34. Statis.cpp
// ----------------------------------------------------
// Contoh untuk menunjukkan efek variabel statis
// ----------------------------------------------------
#include <iostream>
using namespace std;
void saya_ingat(); // Prototipe fungsi
int main()
{
int mamamia = 55;
cout << "di main(): mamamia = " << mamamia << endl;
saya_ingat();
saya_ingat();
saya_ingat();
saya_ingat();
cout << "di main(): mamamia = " << mamamia << endl;
return 0;
}
void saya_ingat()
{
static int mamamia = 0; // Variabel statis
mamamia++; // Naikkan sebesar satu
cout << "di bravo(): mamamia = " << mamamia << endl;
}
35. Suhu.cpp
// -----------------------------------------------------
// Contoh program yang menggunakan array
// -----------------------------------------------------
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
const int JUM_ELEMEN = 5;
float suhu[JUM_ELEMEN]; // Array dengan JUM_ELEMEN d
// data bertipe float
// Membaca data dari keyboard
cout << "Masukkan " << JUM_ELEMEN << " data suhu" << endl;
for (int i = 0; i < JUM_ELEMEN; i++)
{
cout << i + 1 << " : ";
cin >> suhu[i];
}
// Menampilkan isi array
cout << "Data suhu yang Anda masukkan" << endl;
for (int i = 0; i < JUM_ELEMEN; i++)
cout << suhu[i] << endl;
return 0;
}
36. bhspemrograman.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
int pilihan;
int main(){
cout << "Daftar bahasa pemrograman:\n";
cout << "1. Java \n2. C++ \n3. PHP\n";
ulangi:
cout << "Masukan pilihan anda (1-3): ";
cin >> pilihan;
switch(pilihan){
case 1:
cout << "Anda memilih Pemrograman Java";
break;
case 2:
cout << "Anda memilih Pemrograman C++";
break;
case 3:
cout << "Anda memilih Pemrograman PHP";
break;
default:
goto ulangi;
}
}
37. lingkaran.cpp
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
const float PHI = 3.141592;
float jari_jari,
luas,
keliling;
jari_jari = 10;
luas = PHI * jari_jari * jari_jari;
keliling = 2 * PHI * jari_jari;
cout << "Luas = " << luas << endl;
cout << "Keliling = " << keliling << endl;
return 0;
}
38.
39.
40.
Komentar
Posting Komentar