Penulisan 1



Nama : Safira Alya Yusuf
NPM : 16118431
Kelas : 2KA15

Panitia Fikti Mengajar 2019/2020

Haii disini saya mau menceritakan pengalaman saya selama menjadi panitia mengajar. Saya mendaftarkan diri untuk acara ini karena saya sangat suka bersosialisasi, berinteraksi kepada anak anak kecil, ikut kegiatan sosial. Tapi pada awalnya saya sangat ragu untuk mengikuti acara ini , kenapa?? karena yang saya pikirikan "apakah saya bisa mengajari anak-anak kecil?? ", "apa yang harus saya lakukan jika mereka nakal?".  Setelah memikirkan itu seharian akhirnya saya mendaftarkan diri .

Dimulai dari saya diwawancarai , ditanya tentang bagaimana saya akan mengatasi anak-anak nanti, jika keterima ingin di divisi apa dan sebagainya. Deg-degan sih tapi ya bismillah aja . Diterima ga diterima ya urusan belakangan. Dan beberapa hari kemudian akhirnya pengumuman datang!!!! Dan saya pun membuka pengumuman tersebut .... Akhirnya sayaaa keterima jadi panitiaaaaa .. wuhuuu!! Saya bersyukur bisa ikut acara ini . Sehabis pengumuman mulailah perkenalan diri dan divisi masing-masing. Dan karena saya anak acara yang mengatur jadwal schedule untuk acara nanti jadi kita sering mengadakan  rapat agar sukses nanti acaranya!! Walaupun sibuk belum lagi tugas kuliah tapi gapapa jalanin ajaaa.

Kegiatan ini dilakukan setiap Hari Sabtu dari jam 10.00 - 15.00. Berlokasi di Rumah MIFASOL jl. masjid Albarkah Depok.

Jadi teman-teman kita mengajar di sekolah MIFASOL , nah rumah MIFASOL ini dilakukan di sebuah masjid kecil disuatu kampung kecil, disamping-samping masjid (disekitarnya lingkungannya) (maaf ya) orang-orang yang kurang mampu. Kenapa di rumah MIFASOL?? rumah mifasol itu sekolah yang didirikan olah pemuda-pemudi bangsa untuk mengajar anak-anak yang tidak mampu, tidak bersekolah. Jadi, diajar disitu dimulai dari TK - SMP.

ACARA INI VOLUNTEER YA GAIS. Jadi kita dengan senang hati melakukan kegiatan ini dengan ikhlass.



Foto Panitia Fikti Mengajar 2019/2020


Setelah rapat-rapat-rapat akhirnya sampai juga di Hari-H pembukaan, kita sibuk mendekor-dekor tempatnya semenarik mungkin agar anak-anak tertarik untuk berkumpul belajar bersama kita. Akhirnya satu demi satu anak-anak berkumpul semuaaaaa. Senangnya melihat wajah wajah anak-anak kecil yang lucuu :').


Foto bersama anak anak MIFASOL

Oh ya kegiatan ini dilakukan saat sebelum corona melanda ya gaiss. Dan pas banget setalah selesai kegiatan beberapa minggu kemudian corona :). Alhamdulillah kegiaatan ini lancar. 

Di minggu pertama, kita tidak langsung belajar, tetapi melakukan perkenalan, yel-yel, bernyanyi dan games. Kita melakukannya sampai minggu ke-14 sampai akhir februrari 2020. Setelah pembukaan acara selesai kita melakukan revisi , melakukan laporan apa saja yang kurang , bagaimana tadi acaranya , ada kendala tidak, dll. 

Di minggu ke-2 mulailah kita mengajar , dan aku kedapatan mengajar kelas 4. Sebenernya milih sendiri sih karena tik-kelas 2 sd udh keisi penuh :) jadi aku mengajukan ke kelas 4 :)))). Dan ku kira pelajarannya susah ternyata gampang T_T. Ya ada enak ngganya selama mengajar. Harus menghadapi anak yang gamau belajar, nangis, ngertinya lama, harus sabar-sabar pokoknya. Cara mengajar saya ketika anak-anak sudah mulai sedikit tidak fokus akhirnya saya suruh berhenti dan kita mulai bernyanyi bercerita setelah itu baru mulai lagi belajar. Oh iya kalau ngajar juga jangan sama-samain kayak kita ya serius mulu. Kalau saya misalnya belajar bahasa indonesia ada sebuah teks panjang saya menggunakan alat-alat untuk memperagakannya atau saya seperti mendongeng menggunakan suara-suara yang unik. Cara itu agar anak-anak tidak merasa belajar itu membosankan .


Ini saya sedang mengajar, menunggu mereka selesai menulis.


Semangat untuk menjawab pertanyaan


Serius dalam pelajaran


saya mengajar sambil bermain



Dan minggu-minggu pun berlalu. Lama-lama saya kelelahan, kecapean, merasa bosan sekali . Tapi karena dari awal niat saya mau membimbing anak-anak ini, saya langsung membuang hal negatif itu. Saya harus lebih semangat lagi. Dan saya lupa memberi tahu. Ini karena panitianya banyak jadi kita bergantian setiap 1 minggu sekali.

Di minggu ke-7 kita tidak belajar melainkan kreasi mendaur ulang botol plastik menjadi hiasan. Lumayan agak ribet ya karena anak-anaknya ga bisa diem karena saking senangnya ga sabarannya. Trus agak berantakan jadinya karena harus memakai lem, bubur kertas, jadi belepotan. tapi kenangan itu tidak akan terlupakan .




JANGAN LUPA SENYUM!!!!! walaupun kita lagi kesal , sedih , kita gaboleh nunjukin itu. Dan jangan berkata kasarrr.


Dan acara yang ditunggu-tunggu oleh kami panitia dan anak-anak semua adalah acara penutupan karena diadakan games HEHEHEHE. Rasanya sedih juga karena udah selesai tapi juga senang melihat mereka bahagia tertawa. Di acara itu kita bermain games seperti makan kerupuk, mindahin bendera, dll.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Foto Acara Penutupan


Penampilan anak-anak MIFASOL


Lomba makan kerupuk


Lomba Pindah Sarung


Pembagian hadiah


Sesi pertanyaan

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Saat saya menjadi MC penutupan bersama Regita

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Foto bersama anak-anak MIFASOL




                                


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Foto bersama panitia-panitia





oh iya itu yang ditengah Ketua dari acara FIKTI Mengajar 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

M5 - Sistem Basis Data

Soal SBP act 1

M6 - Sistem Basis Data