M6 - Sistem Basis Data

1. MySQL Workbench merupakan jenis database client dengan tampilan CLI (Command Line Interface).

Pilih salah satu:
 

alasan :
Database client yang kita gunakan dalam praktikum yaitu MySQL Workbench dengan tampilan GUI dan MySQL Command Line dengan tampilan Command Line Interface.

2. MySQL Command Line merupakan jenis database client dengan tampilan GUI.

Pilih salah satu:
 
alasan :
Database client yang kita gunakan dalam praktikum yaitu MySQL Workbench dengan tampilan GUI dan MySQL Command Line dengan tampilan Command Line Interface.

3. Database pada Database Client dapat digunakan jika MySQL Server berhenti.

Pilih salah satu:
 

alasan :

Tujuan terhubung dengan MySQL Server agar dapat menggunakan database yang ada di database client. Jika tidak terhubung maka tidak dapat menggunakan database yg ada dalah database client.


4. Mysql –u root –p merupakan perintah untuk menghentikan MySQL Server.

Pilih salah satu:
Salah
Benar
alasan : 

Perintah untuk menghentikan MySQL Server adalah MySQL –u root –p shutdown.

Perintah untuk menjalankan MySQL Server adalah net start MySQL80.


5. Menjalankan MySQL Server merupakan cara agar dapat terhubung dengan MySQL Server. Tujuan terhubung dengan MySQL Server agar dapat menggunakan database yang ada di database client. Perintah untuk menjalankan MySQL Server...
Pilih salah satu:
 

6. Anda diminta untuk menambahkan user agar dapat mengontrol database bersama. Perintah mana yang akan anda akan gunakan?
Pilih salah satu:
 INSERT
 CREAT 
alasan : 
Perintah untuk membuat user adalah CREATE USER.

7. Pertanyaan ini mengharuskan anda memeriksa teks yang digarisbawahi untuk menentukan apakah itu benar.
GRANT merupakan perintah untuk menghapus atau mencabut hak akses dari user.
Petunjuk: Lihat teks yang digarisbawahi. 
Jika pernyataan itu benar, pilih "Tidak diperlukan perubahan".  Jika pernyataan itu salah, pilih jawaban yang memiliki pernyataan benar.
Pilih salah satu:
 

8. Data Control Language atau biasa disebut dengan DCL adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk mengontrol akses pengguna ke data yang disimpan ke dalam database.

Pilih salah satu:
 

9. Perhatikan query di bawah ini :
CREATE USER aqilah@localhost IDENTIFIED BY 'Aqilah123';
Pilihlah pernyataan yang salah mengenai query di atas.
Pilih salah satu:
 
 Membuat user dengan password Aqilah123

10. Privilege pada perintah GRANT artinya adalah hak istimewa.

Pilih salah satu:
 

11. Aufa merupakan seorang administrator di Sekolah Atma. Sekolah Atma merekrut admin baru untuk membantu Aufa mengolah data. Agar admin baru dapat membantu Aufa, maka Aufa harus membuat user atas nama ardika. Dengan account_name = ardikaputra@localhost dan password = ardika@putra. Manakah query yang dibutuhkan oleh Aufa?
Pilih salah satu:
alasan :
Bentuk umum CREATE USER adalah :
CREATE USER account_name IDENTIFIED BYpassword’;
Penjelasan :
 • account_name : Merupakan nama user yang akan di buat.
• ‘password’ : Merupakan password untuk user yang dibuat.

12. Aufa merupakan seorang administrator di Sekolah Atma. Sekolah Atma merekrut admin baru untuk membantu Aufa mengolah data. Admin baru tersebut akan diminta untuk mengelola tabel Murid pada database Sekolah. Query apa yang di butuhkan oleh Aufa untuk memberikan hak akses kepada ardika?
Pilih salah satu:

13. Ardikaputra merupakan salah satu administrator di Sekolah Atma. Ia akan di pindahkan ke bagian loket, sehingga hak akses yang telah di berikan harus di hapus. Query apa yang tepat untuk menghapus hak akses?
Pilih salah satu:

14. Aqilah@localhost merupakan user baru yang akan diberikan hak istimewa dengan perintah SELECT dan INSERT untuk mengelola seluruh tabel pada database Perusahaan. Query mana yang dibutuhkan untuk memberikan hak istimewa?
Pilih salah satu:
alasan : 

GRANT adalah bagian dari DCL yang digunakan untuk memberikan hak istimewa untuk user. Jawaban yang tepat sesuai dengan bentuk umum dari GRANT.
Bentuk umum GRANT adalah :
GRANT privilege, privilege… ON privilege_level TO account_name;
Penjelasan :
 • privilege, privilege,.. : Merupakan hak istimewa yang akan diberikan kepada user. Dapat berupa ALL, SELECT, UPDATE dan DELETE.
• privilege_level : Merupakan database dan tabel yang akan diberikan kepada user untuk dapat digunakan oleh user. Dengan ketentuan penulisan nama_database.nama_tabel
• account_name : Merupakan nama user yang akan diberikan hak akses.

15. Sinta telah memberikan hak akses ke pada user yang bernama aqilah@localhost. Sinta ingin melihat daftar hak akses yang telah ia berikan kepada aqilah. Query yang tepat untuk melihat hak akses atau hak istimewa apa saja yang telah di berikan adalah...
Pilih salah satu:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

M5 - Sistem Basis Data

Soal SBP act 1