Hubungan IBD dengan Sistem Informasi

Hubungan IBD dengan Sistem Informasi



Di jaman sekarang sangat penting mengetahui tentang ilmu budaya dasar dalam menjalin hubungan dengan masyarakat. Baik di lingkungan rumah, di sekolah, di dunia kerja, maupun dimana tempat kita berada. Dari mulai anak kecil , remaja, hingga dewasa. 

Dalam mempelajari ilmu budaya dasar kita mendapat informasi-informasi dari masyarakat hingga dari media internet. Melihat perkembangan dunia saat ini, bisa dilihat generasi sekarang lebih mengikuti budaya asing daripada budaya kita sendiri. Maka dari itu peran dunia sistem informasi penting bagi kita untuk mengakses ilmu yang terkait dengan budaya. 

Manfaat yang di dapat adalah teciptanya negara yang dapat meningkatkan, mempertahankan, dan menarik simpati bangsa asing dalam memperkenalkan budaya kita sendiri. Jadi hubungan ilmu budaya dasar dengan sistem informasi dapat kita bahas dibawah ini dengan mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

SISTEM INFORMASI

PENGERTIAN SISTEM

Sistem adalah kumpulan unsur atau element yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi untuk membuat kegiatan bersama sehingga mencapai tujuan tertentu.

Menurut para ahli 

L. James Havery sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

Salisbury sistem merupakan sekelompok bagian atau komponen-komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.


PENGERTIAN INFORMASI

Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengamblan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang. Untuk memperoleh informasi yang berguna, tindakan yang pertama adalah mengumpulkan data, kemudian mengolahnya sehingga menjadi informasi. Dari data-data tersebut informasi yang didapatkan lebih terarah dan pentin karena telah dilalui bergbagai tahap dalam pengolahannya diantaranya yaitu pengumpulan data.

Menurut para ahli 

Azhar Susanto informasi merupakan informasi sebagai hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi otang yang menerimanya.

Gelinas & Dull informasi merupakan data yang disajikan dalam bentuk formulir. Data tersebut memiliki kegunaan dalam pembuatan atau pengambilan keputusan.


PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

Pada umumnya sistem informasi merupakan sebuah sistem yang ada pada sebuah organisasi dimana didalamnya terdapat kombinasi yang terdiri dari kumpulan orang, fasilitas, teknologi bahkan cara kerja atau metode sehingga menciptakan alur sebuah komunikasi serta pemprosesan beragam tipe kejadian internal maupun eksternal yang dapat dijadikan sebagai sebuah dasar dalam penentuan keputusan berdasarkan informasi yang terdapat pada sistem tersebut.

Menurut para ahli

Gordon B. Davis sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

Mc leod sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.


ILMU BUDAYA DASAR

PENGERTIAN ILMU

Ilmu itu merupakan segala proses kegiatan terhadap suatu keadaan dengan cara menggunakan alat, prosedur, cara, metode, sehingga menghasilkan pengetahuan baru bagi manusia itu sendiri. Orang yang berilmu berarti orang yang memiliki pengetahuan, dasar, pemahaman,  dan memiliki batasan tergantung pada keterbatasannya dalam mencari ilmu yang diperolehnya. Dalam pembahasan kali ini, akan membahas secara lebih spesifik lagi mengenai pengertian ilmu itu sendiri.

Menurut para ahli

Izuddin Taufiq Ilmu merupakan penelusuran informasi atau data melalui sebuah pengamatan, pengkajian & eksperimen, yang bertujuan untuk menetapkan hakikat, landasan dasar maupun asal usulnya.

Karl Pearson Ilmu ialah keterangan yang stabil & komprehensif tentang suatu fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.


PENGERTIAN BUDAYA
Budaya ialah salah satu metode untuk hidup dan bisa berkembang yang mana dimiliki bersama di sebuah kelompok orang yang kemudian akan diwariskan dari generasi ke generasi yang lainnya. Budaya akan terbentuk dari beberapa unsur yang rumit yang mana terdiri dari sistem agama, politik, bahasa, adat istiadat, perkakas, bangunan, pakaian, dan juga karya seni.
Menurut para ahli
Selo Soemardjan, budaya merupakan sebuah hasil karya, rasa serta cipta dari masyarakat.

Ki Hajar Dewantara, budaya merupakan suatu hasil dari perjuangan masyarakat terhadap alam dan juga terhadap zaman yang mana membuktikan suatu kemakmuran serta kejayaan dari kehidupan masyarakat pada saat menghadapi suatu kondisi yang sulit dan rintangan untuk bisa mencapai suatu kemakmuran serta kebahagiaan dalam kehidupan.


PENGERTIAN DASAR

Dasar adalah sesuatu yang paling awal atau permulaan dari segala sesuatu(paling bawah).bentuk kata dasar ini bisa berubah makna jika diberi imbuhan.


 PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar dan pengertian tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan.

Menurut para ahli

Herskovits, ilmu budaya dasar adalah sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.

Andreas Eppink, ilmu budaya dasar adalah keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.


HUBUNGAN ANTARA ILMU BUDAYA DASAR DENGAN SISTEM INFORMASI

Keterkaitan sistem informasi dengan ilmu budaya dasar sangatlah erat karena sistem informasi dapat memberi informasi tentang berbagai pengetahuan, baik lisan maupun tulisan dan ilmu budaya dasar yang mengajarkan konsep dasar kemanusiaan. Ilmu budaya dasar sangat memerlukan sistem informasi untuk menyebarluaskan budaya kita ke dunia dan menghak patenkan milik kita agar tidak diakui oleh negara lain. Karena Ilmu Budaya Dasar sudah turun temurun dari nenek moyang kita. 

Dengan perkembangan teknologi yang pesat di era modern ini kita dengan mudahnya bisa mengakses berbagai hal. Hal ini bisa berdampak positif dan juga negatif. Hal positif nya kita bisa lebih mengenal banyak budaya kita di Indonesia ini, lebih banyak melihat budaya baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Jadi kita bisa lebih menjaga dan mencintai budaya milik kita sendiri. Dan kita juga bisa melihat budaya budaya negara lain seperti apa. Hal ini dapat menambah wawasan kita tentang budaya . Selain dampak positif ada juga dampak negatifnya seperti anak remaja sekarang ini lebih menyukai budaya luar dan mengikuti cara berpakaiannya dan cara bergaulnya. Tidak hanya remaja tetapi dari anak kecil sampai dewasa pun sebagian orang seperti itu. 

Maka dari itu banyak banyaklah membaca dan mencari ilmu budaya di internet atau dibuku agar kita bisa lebih menghargai budaya kita sendiri. Jangan malu akan budaya yang kita miliki. Jika kita menjaga budaya ini, bisa saja akan diambil oleh negara lain.






Safira Alya Yusuf / 1 Ka 09






Komentar

Postingan populer dari blog ini

M5 - Sistem Basis Data

Soal SBP act 1

M6 - Sistem Basis Data