Soal SBP act 1

1. Adam ingin menginstall aplikasi DBMS untuk keperluan tugas kuliah, yaitu MySQL Workbench. Adam memiliki koneksi internet yang baik dan stabil di rumahnya. Dosen Adam menginginkan mahasiswanya menginstall MySQL Workbench 8.0.19. Versi installasi apakah yang dapat Adam gunakan dengan kondisi tersebut ? Apa nama file penginstall yang akan didownload oleh Adam untuk tugas kuliahnya?

Pilih salah satu:
 
Untuk melakukan download MySQL Installer, dapat menggunakan link berikut ini http://dev.mysql.com/downloads/installer/. Terdapat dua file penginstall, yaitu versi instalasi online dan offline. Untuk melakukan download file penginstal, dapat menggunakan file berikut :

·         mysql-installer-web-community- <version> .msi (online)

·         mysql-installer-community- <version> .msi (offline)

Jika kita memilih versi installasi online, maka kita membutuhkan koneksi internet saat melakukan instalasi. Pada file  mysql-installer-web-community- <version> .msi, kita dapat memilih versi MySQL Installer yang tersedia.

2.  Adam mencoba menggunakan contoh database yang sudah disediakan oleh MySQL. Lalu, Adam ingin melihat apakah di contoh database yang ia gunakan memiliki store procedure atau tidak. Query apa yang dapat digunakan oleh Adam ?

Pilih salah satu:
Untuk menggunakan database, gunakan query 
USE Nama_exampledatabase;
alasan : Kita dapat menggunakan example database yang sudah disediakan oleh MySQL. Terdapat beberapa example database yang sudah disediakan oleh MySQL, yaitu Employee data, World database, World_x database, Sakila database, dan Menagerie database. Untuk melakukan download example database menggunakan link berikut https://dev.mysql.com/doc/index-other.html.

Untuk menggunakan database, gunakan query 

USE Nama_exampledatabase;

Lalu, gunakan query

SHOW TABLES;
untuk melihat tabel yang tersedia pada database yang sedang digunakan.

Jika ingin melihat semua jenis tabel seperti table, view, dan stored procedure, gunakan query

SHOW FULL TABLES; 

3.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

M5 - Sistem Basis Data

M6 - Sistem Basis Data