Soal Kumpulan Matematika Lanjut 4
1. Suatu susunan persamaan linier mempunyai nilai nol dan selalu ada jawab : homogen
2. Sebuah persamaan linier dapat dikatakan banyak jawab, jika :
3. a1x1 + a2x2 + ... + anxn = b Persamaan linier di atas merupakan persamaan linier :
4. Diketahui susunan persamaan linier : x + 2y – 5z + 4w = 0, 2x + 3y +2z + 3w = 0, 4x + 7y + 2z + 11w = 0, Dimensi ruang jawabnya adalah :
5. Suatu persamaan linier dikatakan homogen, apabila :Suatu persamaan linier dikatakan homogen, apabila :
6. Jika diketahui : r(A) ≠ r(A,B), maka :
7. Persamaan linier yang mempunyai nontrivial r < n, yaitu :
8. Diketahui susunan persamaan linier : x + 2y – z = 0, 2x + 5y + 2z = 0, x + 4y + 7z = 0, x + 3y + 3z = 0 Dimensi ruang jawabnya adalah :
9. a1x1 + a2x2 + ... + anxn = b, x dan n pada persamaan linier tersebut adalah :
10. Menggunakan operasi apa untuk menyelesaikan matriks dengan menggunakan metode eliminasi Gauss :
11. Diketahui suatu persamaan linier mempunyai jawab unik (cramer), maka :
12. Jawab atau salah satu dari jawab khusus dari susunan persamaan linier : 3x + 2y = 0, x + y = 0 :
13. Bentuk persamaan a1x1 + a2x2 + ….. + anxn = b disebut linier karena :
14. Persamaan linier yang mempunyai nilai banyak jawab berarti :
15. Operasi OBE berdasarkan :
Program GaussJordan;
17. Jika readln(a[i,MAXX+1]); dihapus, maka yang terjadi adalah…….
18. Jika dinput :
19. Tambahkan pada program yang anda buat tadi dengan mengetikkan perintah di bawah ini dan letakkan sebelum end. :
20. Jika dinput :
21. Inti dari Tahap Program yaitu …
22. Istilah Approximation artinya …
23. Yang termasuk dari prinsip metode numerik adalah …
24. Algoritma pada metode numerik adalah algoritma pendekatan maka dalam algoritma tersebut akan muncul istilah …
25. Solusi angka yang didapatkan dari metode analitik adalah …
26. Bila persoalan merupakan persoalan yang sederhana atau ada theorem analisa matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut, maka metode … adalah penyelesaian exact yang harus digunakan. Penyelesaian ini menjadi acuan bagi pemakaian metode pendekatan
27. Interpolasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga, seperti yang terdapat dibawah ini, kecuali :
28. Ditinjau sebuah fungsi nonlinier f (x)=cos (x)−x. Dengan menggunakan metode bagi dua atau Biseksi akan ditunjukkan cara memperoleh akar persamaan cos (x )−x=0 Terkaan awal untuk mengurung akar diberikan x1 = 0 dan x2=1.0 Maka berapakah f(0)...
29. Pengertian dari istilah iterasi yaitu …
30. Dengan metode pendekatan, tentunya setiap nilai hasil perhitungan akan mempunyai …
31. Bila persoalan sudah merupakan persoalan yang mempunyai kompleksitas tinggi, sehingga metode numerik pun tidak dapat menyajikan penyelesaian dengan baik, maka dapat digunakan metode-metode ...
32. Pada algoritma metode … adalah algoritma pendekatan dimana dalam algoritma tersebut akan muncul istilah iterasi
33. Istilah lain dari proses menyisipkan data disebut....
34. Bila persoalan sudah sangat sulit atau tidak mungkin diselesaikan secara matematis karena tidak ada theorem analisa matematik yang dapat digunakan, maka dapat digunakan metode ...
35. Yang termasuk ke dalam mudah memperbaharui data adalah …
36. Ketikan perintah
Program linier; pada turbo pascal
Kemudian lakukan deklarasi dengan ketentuan :
x0, y0, x1, y1, x, f01 dan p bertipe real
kemudian save dengan nama linier.pas
37. Step 2 ( input data )
Kemudian ketik perintah di bawah ini :
begin
write('Input data x[0] = '):readln(x0);
write('Input data y[0] = ');readln(y0);
write('Input data x[1] = ');readln(x1):
write('Input data y[1] = ');readln(y1);
writeln;
write('Input x = ');readln(x);
38. Step 3 ( Masukkan rumus persamaan garis lurus )
Kemudian tambahkan perintah rumus persamaan garis lurus pada program:
f01 = ............... ;
kemudian ketikkan rumus tersebut di bawah perintah write('Input x = ');readln(x);
39. Step 4 (Masukan rumus persamaan interpolasi linier )
Kemudian tambahkan perintah rumus persamaan interpolasi linier pada program dengan ketentuan :
y0 ditambah dengan hasil x dikurang x0, kemudian dikali dengan hasil dari f01
p = ..........
kemudian ketikkan rumus tersebut di bawah perintah f01 := (y1-y0)/(x1-x0);
40. Step 5
Tambahkan perintah di bawah ini
writeln('Hasil Perhitungan P(x) = ',p:5:5)
readln;
end.
41. Akan lebih mudah bagi seorang programmer untuk dapat membaca pekerjaan programmer yang lain dan mudah dalam pengembangan /perbaikan program nantinya …
42. Nilai y untuk titik x = 2.1 yang berada diantara titik (1,1.5) dan (3,2.5)
43. Alasan menggunakan program terstruktur …
44. Fungsi yang digunakan pada interpolasi polinomial adalah fungsi...
45. Yang dimaksud dengan struktur data sederhana (Berurutan) adalah …
46. Terdapat tiga macam struktur berulang …
47. Termasuk Struktur Bersyarat …
48. Eliminasi Gauss termasuk Persamaan …
49. Dengan memahami masalah yang dimiliki, rancang setiap langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan (bisa dalam bentuk flowchart ataupun pseudocode) dan pilih teknik-teknik yang efisien => design algorithm. Termasuk Tahap …
50. Interpolasi polinomial adalah bentuk umum dari...
2. Sebuah persamaan linier dapat dikatakan banyak jawab, jika :
Select one:
3. a1x1 + a2x2 + ... + anxn = b Persamaan linier di atas merupakan persamaan linier :
Select one:
Select one:
3
2
Select one:
Select one:
Select one:
Select one:
Select one:
Select one:
Select one:
Select one:
13. Bentuk persamaan a1x1 + a2x2 + ….. + anxn = b disebut linier karena :
Select one:
x1, I = 1, 2, ….., n , semuanya dalam pangkat satu atau linier
Select one:
Select one:
{statement di bawah ini digunakan untuk menginput persamaan linier}
const MAXX = 3;
const MAXEQNS = MAXX;
var a : = array[1..MAXEQNS,1..MAXX+1] of real;
x : array[1..MAXX] of real;
i,j,k : integer;
temp : real;
begin
for i:=1 to MAXEQNS do
begin
for j = 1 to MAXX do
begin
write('Masukkan a',i,j,' = ');
readln(a[i,j]);
end;
write(‘Masukkan hasil dari persamaan',i,' = ');
readln(a[i,MAXX+1]);
end;
end.
const MAXEQNS = MAXX;
var a : = array[1..MAXEQNS,1..MAXX+1] of real;
x : array[1..MAXX] of real;
i,j,k : integer;
temp : real;
begin
for i:=1 to MAXEQNS do
begin
for j = 1 to MAXX do
begin
write('Masukkan a',i,j,' = ');
readln(a[i,j]);
end;
write(‘Masukkan hasil dari persamaan',i,' = ');
readln(a[i,MAXX+1]);
end;
end.
16. Setelah mengetikkan perintah di atas, compile program tersebut dengan cara : menekan F9
maka error yang terjadi adalah ......
(Pilihlah 2 jawaban yang benar)
maka error yang terjadi adalah ......
(Pilihlah 2 jawaban yang benar)
Select one or more:
Select one:
Inputan yang di masukkan hanya variable a[i,j] saja
18. Jika dinput :
a11 = 2 a21 = 2 a31 = 4
a12 = 4 a22 = 1 a32 = 3
a13 = 1 a23 = 3 a33 = 2
hasil dari persamaan1 = 1 hasil dari persamaan2 = 2 hasil dari persamaan3 = 3
a12 = 4 a22 = 1 a32 = 3
a13 = 1 a23 = 3 a33 = 2
hasil dari persamaan1 = 1 hasil dari persamaan2 = 2 hasil dari persamaan3 = 3
Output dari program di atas adalah……
Masukkan a11 = 2
Masukkan a12 = 4
Masukkan a13 = 1
Masukkan hasil dari persamaan1 = 1
Masukkan a21 = 2
Masukkan a22 = 1
Masukkan a23 = 3
Masukkan hasil dari persamaan2 = 2
Masukkan a31 = 4
Masukkan a32 = 3
Masukkan a33 = 2
19. Tambahkan pada program yang anda buat tadi dengan mengetikkan perintah di bawah ini dan letakkan sebelum end. :
{perintah ini digunakan untuk pencetakan persamaan dari variable yang telah diinput sebelumnya}
readln;
Writeln(“Persamaannya adalah : “);
for I := 1 to MAXEQNS do
begin
for j = 1 to MAXX do
begin
write(a[i,j]:2:2,' x',j);
if j < MAXX then write(' + ')
end;
writeln(' = ',a[i,MAXX+1]:2:2);
end;
{statement di bawah ini digunakan untuk melakukan proses pencarian x1,x2 dan x3}
for i:=1 to MAXEQNS-1 do
for j = i+1 to MAXEQNS do
begin
temp:=a[j,i];
for k:=1 to MAXX+1 do
a[j,k]:=a[j,k] - temp*a[i,k]/a[i,i]
end;
x[MAXEQNS] = a[MAXEQNS,MAXX+1] / a[MAXEQNS,MAXX];
for i:=MAXEQNS downto 1 do
begin
x[i]:=a[i,MAXX+1];
for j:=i+1 to MAXX do
begin
x[i]:=x[i] - a[i,j]*x[j]
end;
x[i]:=x[i]/a[i,i];
end;
{statement di bawah ini digunakan untuk mencetak hasil x1,x2, dan x3}
writeln;
for i:=1 to MAXX do
write('x',i,' = ',x[i]:2:2,' ');
readln;
readln;
Writeln(“Persamaannya adalah : “);
for I := 1 to MAXEQNS do
begin
for j = 1 to MAXX do
begin
write(a[i,j]:2:2,' x',j);
if j < MAXX then write(' + ')
end;
writeln(' = ',a[i,MAXX+1]:2:2);
end;
{statement di bawah ini digunakan untuk melakukan proses pencarian x1,x2 dan x3}
for i:=1 to MAXEQNS-1 do
for j = i+1 to MAXEQNS do
begin
temp:=a[j,i];
for k:=1 to MAXX+1 do
a[j,k]:=a[j,k] - temp*a[i,k]/a[i,i]
end;
x[MAXEQNS] = a[MAXEQNS,MAXX+1] / a[MAXEQNS,MAXX];
for i:=MAXEQNS downto 1 do
begin
x[i]:=a[i,MAXX+1];
for j:=i+1 to MAXX do
begin
x[i]:=x[i] - a[i,j]*x[j]
end;
x[i]:=x[i]/a[i,i];
end;
{statement di bawah ini digunakan untuk mencetak hasil x1,x2, dan x3}
writeln;
for i:=1 to MAXX do
write('x',i,' = ',x[i]:2:2,' ');
readln;
Jika readln; sebelum perintah end. dihapus, maka yang akan terjadi adalah…….
Select one:
20. Jika dinput :
a11 = 2 a21 = 2 a31 = 4
a12 = 4 a22 = 1 a32 = 3
a13 = 1 a23 = 3 a33 = 2
hasil dari persamaan1 = 1 hasil dari persamaan2 = 2 hasil dari persamaan3 = 3
a12 = 4 a22 = 1 a32 = 3
a13 = 1 a23 = 3 a33 = 2
hasil dari persamaan1 = 1 hasil dari persamaan2 = 2 hasil dari persamaan3 = 3
maka persamaan dan nilai x1,x2 dan x3 adalah……….
Persamaannya adalah :
2.00 x1 + 4.00 x2 + 1.00 x3 = 1.00
2.00 x1 + 1.00 x2 + 3.00 x3 = 2.00
4.00 x1 + 3.00 x2 + 2.00 x3 = 3.00
x1 = 0.80 x2 = -0.20 x3 = 0.20
2.00 x1 + 4.00 x2 + 1.00 x3 = 1.00
2.00 x1 + 1.00 x2 + 3.00 x3 = 2.00
4.00 x1 + 3.00 x2 + 2.00 x3 = 3.00
x1 = 0.80 x2 = -0.20 x3 = 0.20
21. Inti dari Tahap Program yaitu …
Select one:
22. Istilah Approximation artinya …
Select one:
Select one:
Select one:
25. Solusi angka yang didapatkan dari metode analitik adalah …
Select one:
Jawaban Benar Semua
26. Bila persoalan merupakan persoalan yang sederhana atau ada theorem analisa matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut, maka metode … adalah penyelesaian exact yang harus digunakan. Penyelesaian ini menjadi acuan bagi pemakaian metode pendekatan
Select one:
27. Interpolasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga, seperti yang terdapat dibawah ini, kecuali :
Select one:
28. Ditinjau sebuah fungsi nonlinier f (x)=cos (x)−x. Dengan menggunakan metode bagi dua atau Biseksi akan ditunjukkan cara memperoleh akar persamaan cos (x )−x=0 Terkaan awal untuk mengurung akar diberikan x1 = 0 dan x2=1.0 Maka berapakah f(0)...
Select one:
0,5
29. Pengertian dari istilah iterasi yaitu …
Select one:
30. Dengan metode pendekatan, tentunya setiap nilai hasil perhitungan akan mempunyai …
Select one:
31. Bila persoalan sudah merupakan persoalan yang mempunyai kompleksitas tinggi, sehingga metode numerik pun tidak dapat menyajikan penyelesaian dengan baik, maka dapat digunakan metode-metode ...
Select one:
32. Pada algoritma metode … adalah algoritma pendekatan dimana dalam algoritma tersebut akan muncul istilah iterasi
Select one:
33. Istilah lain dari proses menyisipkan data disebut....
Select one:
Select one:
35. Yang termasuk ke dalam mudah memperbaharui data adalah …
Select one:
Kedua jawaban benar
36. Ketikan perintah
Program linier; pada turbo pascal
Kemudian lakukan deklarasi dengan ketentuan :
x0, y0, x1, y1, x, f01 dan p bertipe real
kemudian save dengan nama linier.pas
Pilihlah 2 jawaban yang menurut anda benar untuk menjalakan perintah diatas..
lalu ketik jawaban pada turbo pascal !
lalu ketik jawaban pada turbo pascal !
Select one or more:
37. Step 2 ( input data )
Kemudian ketik perintah di bawah ini :
begin
write('Input data x[0] = '):readln(x0);
write('Input data y[0] = ');readln(y0);
write('Input data x[1] = ');readln(x1):
write('Input data y[1] = ');readln(y1);
writeln;
write('Input x = ');readln(x);
Interpolasi linier adalah menentukan 2 titik, pada potongan program di atas 2 titik yang di maksud adalah ...
Select one:
38. Step 3 ( Masukkan rumus persamaan garis lurus )
Kemudian tambahkan perintah rumus persamaan garis lurus pada program:
f01 = ............... ;
kemudian ketikkan rumus tersebut di bawah perintah write('Input x = ');readln(x);
Tentukan jawaban yang menurut anda benar untuk mengisi titik-titik di atas...
Select one:
39. Step 4 (Masukan rumus persamaan interpolasi linier )
Kemudian tambahkan perintah rumus persamaan interpolasi linier pada program dengan ketentuan :
y0 ditambah dengan hasil x dikurang x0, kemudian dikali dengan hasil dari f01
p = ..........
kemudian ketikkan rumus tersebut di bawah perintah f01 := (y1-y0)/(x1-x0);
Tentukan jawaban yang menurut anda benar untuk mengisi titik-titik di atas !
Select one:
40. Step 5
Tambahkan perintah di bawah ini
writeln('Hasil Perhitungan P(x) = ',p:5:5)
readln;
end.
Simpan kembali program linier.pas kemudian jalankan program jika sudah benar.
Jika diinput :
x0 = 3
y0 = 5
x1 = 4
y1 = 7
x = 2
Jika diinput :
x0 = 3
y0 = 5
x1 = 4
y1 = 7
x = 2
Maka hasil perhitungan p(x) adalah ..........
Select one:
41. Akan lebih mudah bagi seorang programmer untuk dapat membaca pekerjaan programmer yang lain dan mudah dalam pengembangan /perbaikan program nantinya …
Select one:
42. Nilai y untuk titik x = 2.1 yang berada diantara titik (1,1.5) dan (3,2.5)
Select one:
2.05
Select one:
44. Fungsi yang digunakan pada interpolasi polinomial adalah fungsi...
Select one:
polinom dengan derajat yang lebih tinggi
45. Yang dimaksud dengan struktur data sederhana (Berurutan) adalah …
Select one:
46. Terdapat tiga macam struktur berulang …
Select one:
Select one:
Select one:
49. Dengan memahami masalah yang dimiliki, rancang setiap langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan (bisa dalam bentuk flowchart ataupun pseudocode) dan pilih teknik-teknik yang efisien => design algorithm. Termasuk Tahap …
Select one:
Select one:
Termasuk Struktur Logika kecuali …
Select one:
Eliminasi Gauss Yourdan termasuk Persamaan …
Select one:
Carilah nilai y untuk titik x = 3 yang berada diantara titik-titik (3.2,22), (2.7,17.8), (4.8,38.3) dan (5.6, 51.7). Titik itu adalah :
Select one:
3,20.212
12,20.212
Jika x = 2,5 maka nilai f(x) adalah...
Select one:
Badan loop dilakukan untuk sejumlah tertentu pengulangan disebut …
Select one:
Komentar
Posting Komentar