Soal Kumpulan Matematika Lanjut 4

1. Suatu susunan persamaan linier mempunyai nilai nol dan selalu ada jawab : homogen

2. Sebuah persamaan linier dapat dikatakan banyak jawab, jika :
Select one:
 

3. a1x1 + a2x2 + ... + anxn = b Persamaan linier di atas merupakan persamaan linier :
Select one:
 
4. Diketahui susunan persamaan linier : x + 2y – 5z + 4w = 0,  2x + 3y +2z + 3w = 0,  4x + 7y + 2z + 11w = 0, Dimensi ruang jawabnya adalah :
Select one:
 3
 2
5. Suatu persamaan linier dikatakan homogen, apabila :Suatu persamaan linier dikatakan homogen, apabila :
Select one:
 
6. Jika diketahui : r(A) ≠ r(A,B), maka :
Select one:
 
7. Persamaan linier yang mempunyai nontrivial r < n, yaitu :
Select one:
 
8. Diketahui susunan persamaan linier : x + 2y – z = 0, 2x + 5y + 2z = 0, x + 4y + 7z = 0, x + 3y + 3z = 0 Dimensi ruang jawabnya adalah :
Select one:
 
9. a1x1 + a2x2 + ... + anxn = b,  x dan n pada persamaan linier tersebut adalah :
Select one:
 
10. Menggunakan operasi apa untuk menyelesaikan matriks dengan menggunakan metode eliminasi Gauss :
Select one:
 
11. Diketahui suatu persamaan linier mempunyai jawab unik (cramer), maka :
Select one:
 
12. Jawab atau salah satu dari jawab khusus dari susunan persamaan linier : 3x + 2y = 0, x + y = 0 :
Select one:
 

13. Bentuk persamaan a1x1 + a2x2 + ….. + anxn = b disebut linier karena :
Select one:
 x1, I = 1, 2, ….., n , semuanya dalam pangkat satu atau linier
 
14. Persamaan linier yang mempunyai nilai banyak jawab berarti :
Select one:
 

15. Operasi OBE berdasarkan :
Select one:
 
Program GaussJordan;
{statement di bawah ini digunakan untuk menginput persamaan linier}
const MAXX = 3;
const MAXEQNS = MAXX;
var a : = array[1..MAXEQNS,1..MAXX+1] of real;
    x : array[1..MAXX] of real;
    i,j,k : integer;
    temp : real;
begin
for i:=1 to MAXEQNS do
begin
  for j = 1 to MAXX do
   begin
    write('Masukkan a',i,j,' = ');
    readln(a[i,j]);
   end;
   write(‘Masukkan hasil dari persamaan',i,' = ');
   readln(a[i,MAXX+1]);
end;
end.
16. Setelah mengetikkan perintah di atas, compile program tersebut dengan cara : menekan F9
maka error yang terjadi adalah ......

(Pilihlah 2 jawaban yang benar)
Select one or more:
 
 

17.  Jika readln(a[i,MAXX+1]);  dihapus, maka yang terjadi adalah…….
Select one:
 
 Inputan yang di masukkan hanya variable a[i,j] saja

18. Jika dinput :
a11 = 2                a21 = 2                a31 = 4    
a12 = 4                a22 = 1                a32 = 3
a13 = 1                a23 = 3                a33 = 2
hasil dari persamaan1 = 1    hasil dari persamaan2 = 2    hasil dari persamaan3 = 3
Output dari program di atas adalah……
Masukkan a11 = 2
Masukkan a12 = 4
Masukkan a13 = 1
Masukkan hasil dari persamaan1 = 1
Masukkan a21 = 2
Masukkan a22 = 1
Masukkan a23 = 3
Masukkan hasil dari persamaan2 = 2
Masukkan a31 = 4
Masukkan a32 = 3
Masukkan a33 = 2
 

19. Tambahkan pada program yang anda buat tadi dengan mengetikkan perintah di bawah ini dan letakkan sebelum end.  :
{perintah ini digunakan untuk pencetakan persamaan dari variable yang telah diinput sebelumnya}
readln;
Writeln(“Persamaannya adalah  :  “);
for I := 1 to MAXEQNS do
 begin
          for j = 1 to MAXX do
           begin
                write(a[i,j]:2:2,' x',j);
                if j < MAXX then write(' + ')
           end;
           writeln(' = ',a[i,MAXX+1]:2:2);
     end;

    {statement di bawah ini digunakan untuk melakukan proses pencarian x1,x2 dan x3}
    for i:=1 to MAXEQNS-1 do
     for j = i+1 to MAXEQNS do
 begin
          temp:=a[j,i];
          for k:=1 to MAXX+1 do
           a[j,k]:=a[j,k] - temp*a[i,k]/a[i,i]
end;
x[MAXEQNS] = a[MAXEQNS,MAXX+1] / a[MAXEQNS,MAXX];
for i:=MAXEQNS downto 1 do
begin
 x[i]:=a[i,MAXX+1];
         for j:=i+1 to MAXX do
          begin
               x[i]:=x[i] - a[i,j]*x[j]
         end;
         x[i]:=x[i]/a[i,i];
end;
{statement di bawah ini digunakan  untuk mencetak hasil x1,x2, dan x3}
    writeln;
for i:=1 to MAXX do
 write('x',i,' = ',x[i]:2:2,'  ');
readln;

Jika readln; sebelum perintah end.  dihapus, maka yang akan terjadi adalah…….
Select one:
 

20. Jika dinput :
a11 = 2                a21 = 2                a31 = 4    
a12 = 4                a22 = 1                a32 = 3
a13 = 1                a23 = 3                a33 = 2
hasil dari persamaan1 = 1    hasil dari persamaan2 = 2    hasil dari persamaan3 = 3
maka persamaan dan nilai x1,x2 dan x3 adalah……….
Persamaannya adalah :
2.00 x1 + 4.00 x2 + 1.00 x3 = 1.00
2.00 x1 + 1.00 x2 + 3.00 x3 = 2.00
4.00 x1 + 3.00 x2 + 2.00 x3 = 3.00
x1 = 0.80  x2 = -0.20  x3 = 0.20

21. Inti dari Tahap Program yaitu …
Select one:

22. Istilah Approximation artinya …
Select one:
 
23. Yang termasuk dari prinsip metode numerik adalah …
Select one:
 
24. Algoritma pada metode numerik adalah algoritma pendekatan maka dalam algoritma tersebut akan muncul istilah …
Select one:
 

25. Solusi angka yang didapatkan dari metode analitik adalah …
Select one:
 
 Jawaban Benar Semua

26. Bila persoalan merupakan persoalan yang sederhana atau ada theorem analisa matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan tersebut, maka metode … adalah penyelesaian exact yang harus digunakan. Penyelesaian ini menjadi acuan bagi pemakaian metode pendekatan
Select one:
 

27. Interpolasi secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga, seperti yang terdapat dibawah ini, kecuali :
Select one:
 

28. Ditinjau sebuah fungsi nonlinier f (x)=cos (x)−x. Dengan menggunakan metode bagi dua atau Biseksi akan ditunjukkan cara memperoleh akar persamaan cos (x )−x=0 Terkaan awal untuk mengurung akar diberikan x1 = 0 dan x2=1.0 Maka berapakah f(0)...
Select one:
 0,5
 

29. Pengertian dari istilah iterasi yaitu …
Select one:
 

30. Dengan metode pendekatan, tentunya setiap nilai hasil perhitungan akan mempunyai …
Select one:
 

31. Bila persoalan sudah merupakan persoalan yang mempunyai kompleksitas tinggi, sehingga metode numerik pun tidak dapat menyajikan penyelesaian dengan baik, maka dapat digunakan metode-metode ...
Select one:
 

32. Pada algoritma metode … adalah algoritma pendekatan dimana dalam algoritma tersebut akan muncul istilah iterasi
Select one:
 

33. Istilah lain dari proses menyisipkan data disebut....
Select one:
 

34. Bila persoalan sudah sangat sulit atau tidak mungkin diselesaikan secara matematis karena tidak ada theorem analisa matematik yang dapat digunakan, maka dapat digunakan metode ...
Select one:
 

35. Yang termasuk ke dalam mudah memperbaharui data adalah …
Select one:
 Kedua jawaban benar 
 

36. Ketikan perintah 

Program linier;
     pada turbo pascal

Kemudian lakukan deklarasi dengan ketentuan :

x0, y0, x1, y1, x, f01 dan p bertipe real

kemudian save dengan nama linier.pas

Pilihlah 2 jawaban yang menurut anda benar untuk menjalakan perintah diatas..

lalu ketik jawaban pada turbo pascal !
Select one or more:
 
 

37. Step 2 ( input data )

Kemudian ketik perintah di bawah ini :

begin
write('Input data x[0] = '):readln(x0);
write('Input data y[0] = ');readln(y0);
write('Input data x[1] = ');readln(x1):
write('Input data y[1] = ');readln(y1);
writeln;
write('Input x = ');readln(x);
Interpolasi linier adalah menentukan 2 titik, pada potongan program di atas 2 titik yang di maksud adalah ...
Select one:
 

38. Step 3 ( Masukkan rumus persamaan garis lurus )

Kemudian tambahkan perintah rumus persamaan garis lurus pada program:

f01 = ............... ;

kemudian ketikkan rumus tersebut di bawah perintah    write('Input x = ');readln(x);

Tentukan jawaban yang menurut anda benar untuk mengisi titik-titik di atas...
Select one:
 

39.  Step 4 (Masukan rumus persamaan interpolasi linier )

Kemudian tambahkan perintah rumus persamaan interpolasi linier pada program dengan ketentuan :

y0 ditambah dengan hasil x dikurang x0, kemudian dikali dengan hasil dari f01
p = ..........

kemudian ketikkan rumus tersebut di bawah perintah   f01 := (y1-y0)/(x1-x0);

Tentukan jawaban yang menurut anda benar untuk mengisi titik-titik di atas !
Select one:
 

40. Step 5 

Tambahkan perintah di bawah ini 

writeln('Hasil Perhitungan P(x) = ',p:5:5)
readln;
end.
Simpan kembali program linier.pas kemudian jalankan program jika sudah benar.
Jika diinput :

x0 = 3
y0 = 5
x1 = 4
y1 = 7

x = 2
Maka hasil perhitungan p(x) adalah ..........
Select one:
 

41. Akan lebih mudah bagi seorang programmer untuk dapat membaca pekerjaan programmer yang lain dan mudah dalam pengembangan /perbaikan program nantinya …
Select one:
 

42. Nilai y untuk titik x = 2.1 yang berada diantara titik (1,1.5) dan (3,2.5)
Select one:
 2.05

43. Alasan menggunakan program terstruktur …
Select one:
 

44. Fungsi yang digunakan pada interpolasi polinomial adalah fungsi...
Select one:
 polinom dengan derajat yang lebih tinggi
 

45. Yang dimaksud dengan struktur data sederhana (Berurutan) adalah …
Select one:
 

46. Terdapat tiga macam struktur berulang …
Select one:
 
47. Termasuk Struktur Bersyarat …
Select one:
 
48. Eliminasi Gauss termasuk Persamaan …
Select one:
 

49. Dengan memahami masalah yang dimiliki, rancang setiap langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan (bisa dalam bentuk flowchart ataupun pseudocode) dan pilih teknik-teknik yang efisien => design algorithm. Termasuk Tahap …
Select one:
 
50. Interpolasi polinomial adalah bentuk umum dari...
Select one:
Termasuk Struktur Logika kecuali …
Select one:
 
Eliminasi Gauss Yourdan termasuk Persamaan …
Select one:
 
Carilah nilai y untuk titik x = 3 yang berada diantara titik-titik (3.2,22), (2.7,17.8), (4.8,38.3) dan (5.6, 51.7). Titik itu adalah :
Select one:
 3,20.212
12,20.212
        Jika x = 2,5 maka nilai f(x) adalah...
Select one:
 
Badan loop dilakukan untuk sejumlah tertentu pengulangan disebut …
Select one:
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal SBP act 1

Sistem Operasi 1

Tugas Pertemuan 4 - Etika Profesi