Pengantar Animasi & Disain Graf #

Nama    : Safira Alya Yusuf

NPM    : 16118431

Kelas    : 3KA15 

Konsep Dasar Animasi dan Prinsip Dasar Animasi


https://youtu.be/79DijItQXMM


 Prinsip yang digunakan dalam animasi yang diamati adalah : 

1. Prinsip Squash and stretch

Prinsip ini berguna untuk menunjukkan objek hidup ataupun objek mati terlihat seolah-olah nyata sehingga terlihat bergerak secara realistis dan lebih hidup. Adegan yang menunjukkan penggunaan squash and stretch bisa dilihat saat karakter bernyanyi, berbicara atau berdialog maka ekspresi yang ditunjukkan seperti nyata dan lebih hidup, karena gestur atau ekspresi wajah mengikuti kalimat yang akan diutarakan misalnya seperti ketika kaget maka wajah yang digambarkan seperti alis menjulang keatas, mata membesar, dan mulut menganga atau berbentuk seperti huruf O. (menit ke 0:18)

 

2. Prinsip Anticipation

Adalah membuat gerakan pada sebuah objek secara berurutan sehingga penonton dapat memahami dan menikmati animasi yang ditampilkan. Adegan yang menunjukkan penggunaan anticipation bisa dilihat karakter laki-laki yang ingin melompat memulai dengan sedikit jongkok lalu melompat ke atas batu agar seakan-akan terlihat dengan nyata seperti yang kita lakukan saat melompat. (menit ke 1:14)

 

3. Prinsip Staging

Merupakan penempatan objek yang dianimasikan di tempat yang mendukung agar story dan mood dapat terjalin dengan rapi. Adegan yang menunjukkan penggunaan staging bisa dilihat dari awal vidio sampai akhir, lingkungannya berada di sebuah pantai karena kedua karakter berada diatas pasir yang terlihat ada air seperti lautan dan sebuah perahu.

 

4. Prinsip Pose to Pose

Merupakan metode pembuatan animasi yang lebih terencana dan terpeta dengan kunci gambar pada interval tertentu, dari suatu pose ke pose selanjutnya. Adegan yang menunjukkan penggunaan pose to pose salah satunya ketika karakter laki-laki sedang menggibas selimut yang dipegang akan membentuk suatu gelombang tidak patah-patah jadi seakan lebih real tidak terpatah-patah gambarnya. (menit 1:40)

 

5. Prinsip Follow through and Overlapping Action.

Merupakan sebuah prinsip dasar animasi yang menekankan pada gerakan animasi bagian tubuh lain yang tetap terus bergerak walaupun tubuh atau badan telah berhenti bergerak atau diam. Adegan yang menunjukkan penggunaan Follow Through adalah saat karakter perempuan sedang diam secara tiba-tiba yang sehabis diputar lalu rambut dan rok akan tetap bergerak sesaat setelah berhenti berputar (menit 0:25).

 

6. Prinsip Prinsip Slow In and Slow Out Slow In dan Slow Out

Adalah ilusi untuk membuat percepatan atau perlambatan (acceleration) sehingga dapat menimbulkan kesan tertentu. Adegan yang menunjukkan penggunaan Slow In and Slow Out Slow In dan Slow Out salah satunya adalah saat karakter laki-laki melempar dayung, pada awal gerakan melempar pasti akan melakukan anticipation  yang lambat baru kemudain gerakan tangan menjadi cepat dan begitu juga dengan dayung yang awalnya diam menjadi berputar cepat dikarenakan ada tekanan dari lemparan (menit 0:30).

 

7. Prinsip Arc

Membuat pergerakan tubuh karakter/ objek animasi terlihat lebih smooth. Adegan yang menunjukkan penggunaan arc salah satunya ketika karakter sedang menunjukkan otonya atau menggerakan tangannya yang membentuk lengkungan terdahulu dikarenakan agar terlihat lebih smooth pergerakannya tidak patah-path (menit 0:34).

 

8. Prinsip Secondary Action

Merupakan gerakan menambah dan memperkaya gerakan utama. Adegan yang menunjukkan penggunaan prinsip secondary action salah satunya ketika karakter laki-laki sedang menunjukkan ototnya maka jari-jari pun ikut mengepalkan tangannya (menit 0:34). Atau ketika karakter perempuan dibuat bingung atas mengapa disuruh bilang ‘thank you’ maka mimik wajah ditonjolkan kseperti ekspresi heran dan bingung (menit 0:04).

 

9. Prinsip Timing

Pengaturan waktu kapan sebuah objek yang dianimasikan harus berhenti dan kapan harus bergerak.Adegan yang menunjukkan penggunaan prinsip timing salah satunya ketika karakter laki-laki sedang berjalan dan melompat sambil bernyanyi membutuhkan waktu yang tepat dan selaras. Dikarenakan itu dipakailah konsep timing.

 

10. Prinsip Solid Drawing

Prinsip-prinsip dasar menggambar bentuk, berat, soliditas volume dalam bentuk ilusi 3 dimensi. Adegan yang menunjukkan penggunaan Solid Drawing adalah karakter laki-laki yang dibuat berbadan besar dan gendut seimbang saat dilihat dari arah manapun ini membuat karakter seperti nyata.

 

11. Prinsip Eaggeration

Upaya membuat suatu karakter terlihat lebih meyakinkan dalam aksinya. Adegan yang menunjukkan penggunaan Eaggeration adalah ketika dada otot karakter laki-laki digerakan dan mimik wajah yang serius meyakinkan penonton bahwa karakter yang dimiliki laki-laki tersebut kuat, serius, dan seperti jagoan (menit 0:35).

 

12. Prinsip Appeal

Sebuah karakter animasi memiliki daya tarik, tidak berarti hanya menjadi lucu atau imut, tapi sebuah karakter yang mampu menarik perhatian mata penonton. Adegan yang menunjukkan penggunaan Appeal adalah karakter laki-laki apakah dia jahat atau sebenarnya baik atau bahkan mempunyai karakter yang lucu.

 

Referensi

https://www.selamatpagi.id/pengertian-animasi/

https://multimediasketsa.wordpress.com/2019/01/17/pengertian-animasi-dan-prinsip-dasar-animasi/

https://www.erlangga.co.id/materi-belajar/192-smk/11141-prinsip-dasar-animasi.html

https://basicanima.weebly.com/ii-12-prinsip-animasi.html

 

Animasi yang diamati :

Judul : Dwayne Johnson - You’re Welcome (from Moana/Official Vidio)

Durasi : 2:48 menit

Url : https://youtu.be/79DijItQXMM

Animasi dari Disney selalu menggunakan 12 prinsip diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

M5 - Sistem Basis Data

Soal SBP act 1

M6 - Sistem Basis Data